Nama Domain INTERNET Tidak Lagi Diatur oleh AS

Selama ini, ICANN, organisasi yang menangani nama domain di Internet, beroperasi di bawah pengawasan pemerintah Amerika Serikat. Hal itu akan berubah mulai tanggal 1 Oktober 2016 mendatang. Pemerintah AS merasa ICANN sudah bisa berdiri sendiri sebagai organisasi independen, dan akan melepaskan kontrol mereka terhadap organisasi tersebut.


Pengaruh Pemerintah AS Akan Mengecil

Sebagian besar pengguna Internet mungkin tidak akan merasakan dampak dari keputusan pemerintah AS melepas ICANN ini. Keputusan ini memang lebih akan dirasakan dampaknya oleh pihak-pihak yang terkait dengan pembuatan domain dan nama domain di Internet. Bila ada hal yang harus diputuskan terkait domain Internet baru, di bawah gTLD, ICANN kini lebih bebas menentukan keputusan apakah domain itu akan bisa digunakan atau tidak.

Sebelumnya, bila dibutuhkan pengambilan keputusan terkait suatu domain, pemerintah AS bisa mengajukan suara menerima atau menolak domain tersebut. Beberapa pihak di Amerika Serikat sendiri menyayangkan keputusan pemerintah ini, karena mereka merasa kontrol atas Internet yang mereka miliki menjadi berkurang. Namun, di sisi lain, beberapa negara yang kurang setuju atas kontol AS terhadap Internet tentu saja akan menerima keputusan ini dengan senang hati, termasuk China dan Rusia.

ICANN Tetap Beroperasi di AS

Walaupun tidak lagi berada di bawah pemerintah AS, ICANN tetap akan berkantor di Los Angeles, California. Oleh karena itu, mereka tetap akan dianggap sebagai organisasi dari AS. Pemerintah AS sendiri juga melakukan proteksi terhadap ICANN dengan melarang ambil alih organisasi tersebut oleh pihak asing.
Previous
Next Post »