Intel Akan Perkenalkan “Maker Board” Joule


Shiirefaa Blog - Internet of Things (IoT) merupakan salah satu fokus Intel di Intel Developer Forum 2016 (IDF16) yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat. Sejak lama, Intel telah membantu terciptanya berbagai perangkat IoT inovatif dengan maker board mereka, Galileo, Edison, dan Curie, sebagai dasarnya. Di IDF16 ini, Intel ternyata memiliki maker board baru lagi yang memiliki kemampuan lebih baik, Joule.

Kemampuan Lebih Tinggi, Dukung 4K, Ukuran Tetap Kecil  


Joule ini hadir dengan beberapa perbaikan dari maker board Intel sebelumnya. Maker board ini memiliki modul storage dengan kapasitas lebih besar, serta dukungan untuk perekaman dan pemutaran video 4K. Tidak hanya itu, Joule juga dibekali Intel dengan modul komunikasi yang lebih baik. Hadir juga dengan dukungan koneksi ke modul RealSense, Joule pastinya akan menawarkan keleluasaan untuk pengembang membuat perangkat IoT kreatif mereka.

Satu hal yang menarik, Joule ini tetap datang dalam paket berukuran kecil seperti maker board Intel sebelumnya. Joule hanya sedikit lebih besar dari Intel Edison, atau hanya sedikit lebih besar dari dua uang logam Quarter Dollar AS. Jadi, dengan ukuran kecil dan kemampuan yang lebih baik, Joule ini bisa diintegrasikan ke banyak sekali perangkat dan pengembang bisa menawarkan banyak sekali fungsi berkat kemampuannya yang lebih baik dari generasi maker board sebelumnya.

Unjuk Kemampuan Joule

Intel membawa beberapa perangkat kreatif baru yang dibangun dari Joule ke IDF16. Tedapat robot bartender kreasi dari VStone, partner Intel dari Jepang, yang bisa mengenali wajah seseorang dengan bantuan kamera RealSense dan berbicara dengan orang lain melalui sistem natural language processing dengan Intel Intent Express. Semua hal itu dilakukan hanya dengan menggunakan maker board Joule ini.

Terdapat juga demo lain berupa helm untuk petugas patroli jalan bebas hambatan dengan heads-up display. Sistem dari EyeLights ini memungkinkan petugas patroli mendapatkan informasi terkait kendaraan yang ada di sekitarnya dengan membaca plat nomer kendaraan dan menampilkan berbagai informasi penting terkait kendaraan itu di HUD. Ukuran Joule yang kecil memungkinkan berbagai jenis helm diubah menjadi helm “pintar” dengan HUD ini. 

Sediakan Dua Varian Joule High-End Compute



Maker board Joule ini akan hadir dalam dua varian, yaitu Joule 570X dan Joule 550X. Keduanya memiliki perbedaan di prosesor, kapasitas RAM dan storage. Joule 570X menggunakan Intel Atom T5700 quad-core dengan clock 1.7 GHz dan boost 2.4 GHz, RAM 4 GB LPDDR4 dan storage 16 GB eMMC, sementara Joule 550X menggunakan Intel Atom T5500 quad-core dengan clock 1.5 GHz, RAM 3 GB LPDDR4, dan storage 8 GB eMMC. Keduanya juga dilengkapi konektivitas WiFI AC MIMO, Bluetooth 4.1, USB 3.0, beberapa interface khusus, serta dukungan untuk modul Intel RealSense.

Intel juga menyebutkan bahwa Joule ini cocok digunakan dengan berbagai sistem operasi untuk IoT, termasuk Ubuntu Core dan Windows 10 IoT Core. Joule diharapkan dapat mempercepat proses pengembangan perangkat IoT baru dengan berbagai kelebihannya tersebut. Joule 570X disebut sudah bisa didapatkan dalam waktu dekat ini, sementara Joule 550X baru akan tersedia menjelang akhir tahun nanti.
Previous
Next Post »