Kompetensi Dasar 4.7 Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar, barang dan jasa. Setiap daerah tentu memiliki pasar.
Pasar merupakan faktor penting bagi perekonomian. Ada berbagai struktur pasar
dalam perekonomian di suatu negara. Masing-masing struktur pasar memiliki ciri
khas tersendiri.
o
Pasar
konkret
Pasar yang ada di
daerahmu biasanya berbentuk pasar konkret. Pasar konkret memiliki aktivitas
jual beli secara langsung.
o
Pasar
abstrak
Pasar abstrak aktivitasnya
dilakukan melalui telefon, surat dan lain-lain, yang intinya adalah penjual dan
pembeli melakukan transaksi tanpa bertatap muka langsung.
A.
Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi
untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar memiliki struktur, struktur pasar
adalah berbagai hal yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja suatu
perusahaan dalam pasar. Struktur pasar yang kompetitif adalah dimana
perusahaan-perusahaan di dalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk
memengaruhi harga dan jumlah barang di pasar. Pasar memilki fungsi sebagai
berikut.
a.
Pembentukan
Nilai Harga Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar
merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar
dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan
suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.
b.
Pendistribusian
Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen
secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan
lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.
c.
Promosi
Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan
(mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen karena pasar akan selalu
dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.
B.
Pasar Barang (Pasar Output/konsumsi)
Pasar barang
konsumsi adalah pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan barang-barang dan
jasa-jasa hasil produksi dari pihak produsen.
1.
Pasar
Persaingan Sempurna
Pasar
persaingan sempurna pasar dimana keadaaan penjual dan pembeli tidak dapat
memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil
interaksi antara perminaan dan penawaran. Ciri-ciri dari pasar persaingan
sempurna, yaitu sebagai berikut.
a.
Banyak
penjual (perusahaan) dan pembeli.
b.
Produk-produk
homogen (serba sama).
c.
Pasar
yang bebas dimasuki dan ditinggalkan.
d.
Konsumen
mengetahui kondisi pasar.
e.
Faktor-faktor
produksi bergerak bebas.
f.
Tidak
ada campur tangan pemerintah.
Pasar persaingan sempurna mendidik masyarakat untuk melakukan
proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai pada masyrakat
adalah produk dengan mutu terbaik dan harga yang murah. Karena jika produsen
memproduksi barang dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian dan
produknya kalah bersaing. Kebaikan pasar
persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut.
a.
Tidak
ada persaingan antarpenjual.
b.
Penjual
tidak mengadakan persaingan harga karena harga adalah sesuatu yang harus
diterima masing-masing produsen.
c.
Barang
yang dijual akan tetap laku meskipun harganya mahal.
d.
Adanya
keseragaman produk.
e.
Jumlah
saingan sangat tidak terbatas.
f.
Harga
tidak bisa dipengaruhi siapa pun.
Kelemahan
pasar persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut.
a.
Pasar
persaingan sempurna sulit dijumpai karena adanya homogenitas barang, sedangkan
konsumen lebih suka barang yang heterogen (banyak pilihan alternatif) dan harga
tidak dapat ditawar.
b.
Kemajuan
IPTEK menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis barang sehingga
terjadi persaingan produk antara produsen.
c.
Keuntungan
maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi dari awal.
d.
Adanya
pasar gelap (black market).
Di dunia sulit untuk menemukan pasar persaingan sempurna.
Setiap penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga. Artinya, mereka
merupakan pengikut harga. Padahal setiap penjual dan pembeli juga memiliki
informasi yang lengkap dan sama tentang produk yang diperjualbelikan. Jika
penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga maka tidak akan terjadi
kesepakatan harga.
2. Pasar persaingan
tidak sempurna.
a.
Pengertian pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna ( imperfect competition) dapat didefinisikan sebagai pasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
Pasar persaingan tidak sempurna ( imperfect competition) dapat didefinisikan sebagai pasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
b.
Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
1) Pasar
monopoli
Monopoli adalah penguasaan atau pemasaran barang /jasa
tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha. PASAR MONOPOLI
(monopoli umu) adalah pasar yang didalamnya hanya terdapat satu pelaku atau
suatu kelompok pelaku usaha perusahaan/produsen/ penjual) produk sejis,
sehingga pelaku usaha tersebut akan dpat menentukan harga jual produknya
sendiri dengan mudah karena tidak ada pesaing.
Monopoli dalam usaha, dapat timbul karena berbagai macam situasi :
Keinginan pengesaha untuk menguasai pasar yang luas.
Keadaan alam suatu wilayah merupakan daerah satu-satunya yang menjadi
penghasil barangtertentu.
Adanya penghargaan dan kepercayaan masyarakat terhadap suatu hasil
produk dari perusahaan tertentu.
Suatu produksi yang diproduksi oleh sebuah perusahaann belum ada
subsitusinya.
Undang-undang yang mengatur monopoli suatu barang yang bersifat
strategis bagi negar dan masyarakat.
2)
Oligopoly
Pasar oligopoli
adalah pasar yang didalamny aterdapat beberapa penjual ( sedikit). Salah satu
strategi yang dapat ditempuh oleh perusahaan –perusahaan dalam oligopoly untuk
mengusai pasar adalah dengan membuat model spesifikyang diperkrakan akan
digemari konsumen, memrikan merek yang mudah di ingat dan harga yang memadai
sesuai dengan mutu produk serta pengiklanan yang menarik.
3) Monopson dan oligopsi
sumber barang atau barang menath merupakan sesuatu yang penting bagi pengusahaprodusen. Penguasaan sumner pasokan biasanya ditujukan untuk menunjang kelancaran produksi atau kontiniutas penjualan.
sumber barang atau barang menath merupakan sesuatu yang penting bagi pengusahaprodusen. Penguasaan sumner pasokan biasanya ditujukan untuk menunjang kelancaran produksi atau kontiniutas penjualan.
a) Monopsi
monopsi adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/jasa oleh satu perusahaan sebagai pembelian tunggal. Pembelian tunggal seprti ini sering timbul karena perilaku produsen dan ditujukan untuk menguasai produk, harga, dan pasar oleh perusahaan tersebut.
keburukan monopsi ini adalah menutup kemungkinan pihak lain untuk mendapatkan sumber pasokan factor produks(bahan mentah).
monopsi adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/jasa oleh satu perusahaan sebagai pembelian tunggal. Pembelian tunggal seprti ini sering timbul karena perilaku produsen dan ditujukan untuk menguasai produk, harga, dan pasar oleh perusahaan tersebut.
keburukan monopsi ini adalah menutup kemungkinan pihak lain untuk mendapatkan sumber pasokan factor produks(bahan mentah).
b)
Oligopsoni
oligopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/ jasa oleh beberapa pelaku usaha secara bersama (biasanya klompok perusahaan). Oligopsoni menunjukan pada suatu kondisi pasar yang di dalamnya terdapat beberapa pembeli, Masing-masing pembeli mempunyai peran yang cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.
oligopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/ jasa oleh beberapa pelaku usaha secara bersama (biasanya klompok perusahaan). Oligopsoni menunjukan pada suatu kondisi pasar yang di dalamnya terdapat beberapa pembeli, Masing-masing pembeli mempunyai peran yang cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.
3. Pasar Persaingan Monopoli
Pasar
persaingan monopoli/ monopolistic adalah pasar yang didalamnya terdapat banyak
pembeli dan beberapa penjual yang mengadakan transaksi pada beberapa tingkat
harga yang di dalamnya terdapat banyak pembeli dan bebebrapa penjual yang
mengadakan transaksi pada beberapa tingkat harga.
Pembedaan
Produk /diferensiasi (product differentiation) kondisi monopolistic
terbentuk jika pasar dikuasai oleh beberapa penjual /peodusen dari satu jenis
barang /jasa yang berlainan kualitas, bentuk, dn ukuran, perbedaan tersebut
merupakan spesifikasiproduk yang sengaja dilakukan. Unsur monopoli
tampak dalam penyediaan produk yang homoge, sedangkan unsure
persaingannya tampak dari adanya beberapa produsen/penjual dari produkyang
homogen.
secara umum,
Ciri-Ciri pasar persaingan monopolistic :
a.
Jumlah produsen/penjual cukup banyak, tetapi tetapi tidak sebanyak pasar
persingan sempurna;
b.
Masing-masing produsen/penjual masih dapat mempengaruhi harga, walaupun
sifatnya tidak mutlak;
c. Barang
yang diperjual-belikan tidak terlalau homogen, tetapi ada perbedaan walaupun
perbedaan tersebut hanya pada merek, mutu, warna, dan ukuran.
Pasar barang dapat dibagi
lagi menjadi dua macam, yakni:
·
Pasar
Barang Nyata/Riil
Pasar
Nyata/Rill
|
Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam
bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Pasar ini mempertemukan antara
penjual dengan pembeli secara langsung (face to face) dan ada tawar-menawar,
ada barang dagangan, ada transaksi, penyerahan barang secara langsung.
Contohnya adalah Pasar Kebayoran Lama, Pasar Senen, pasar malam, pasar kaget,
dan lain-lain.
·
Pasar
Barang Abstrak
gambar pasar abstrak
|
Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang
tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar ini mempertemukan penjual
dan pembeli, di mana penjual hanya membawa contoh barang saja atau dalam pasar
tersebut tawar-menawar dilakukan melalui internet, surat kabar, telepon,
faximile. Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas yang menjual barang
semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain
sebagainya.
PERANAN PASAR
Pasar
mempunyai peranan yang sangat penting
bagi perekonomian. Berikut ini beberapa peranan
pasar.
1. Peranan Pasar
bagi Produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat
penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar
penjualan hasil produksi dan dapat pula
digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan
atau memperkenalkan barang dan jasa hasil
produksi. Selain itu produsen juga dapat
memperoleh barang atau jasa yang akan
digunakan untuk keperluan proses produksi.
2. Peranan Pasar
bagi Konsumen
Pasar mempunyai peranan yang sangat
penting bagi konsumen, karena konsumen mudah
untuk memperoleh barang atau jasa
yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas,
konsumen akan semakin mudah memperoleh
barang atau jasa yang dibutuhkan.
3. Peranan Pasar
bagi Pembangunan
Peranan pasar bagi pembangunan adalah
menunjang kelancaran pembangunan yang sedang
berlangsung. Upaya dalam meningkatkan
pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan
segala macam barang dan jasa yang
bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga
dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah
untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan
retribusi.
4. Peranan Pasar
bagi Sumber Daya Manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar
membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit.
Semakin luas suatu pasar, semakin besar
tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya
tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar
turut membantu mengurangi pengangguran,
memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka
lapangan kerja.
HUBUNGAN ANTARA PASAR DENGAN DISTIRBUSI
Pasar merupakan bagian dari kegiatan
distribusi yang berfungsi menyalurkan atau
menyampaikan barang dari produsen kepada
konsumen melalui para pedagang. Barang-barang
yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk
dikonsumsi sendiri, tetapi perlu disebarluaskan
kepada masyarakat umum. Pasar dalam
kegiatan distribusi memiliki peranan yang
cukup penting.
Berikut ini fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi.
1. Fungsi Pertukaran
Keterkaitan antara pasar dengan
distribusi berfungsi sebagai pertukaran. Orang-orang
yang menjual barang di pasar akan
berperan sebagai pedagang sekaligus penyalur
barang ke konsumen. Para pedagang tentunya
akan memilih barang-barang yang disenangi oleh
pembeli. Apabila barang-barang tersebut digemari
oleh pembeli maka barang-barang yang ditawarkan
akan laku terjual. Dengan demikian kegiatan
distribusi akan lancar dan pedagang pun
akan mendapat keuntungan.
2. Fungsi Penyediaan
Fisik
Pasar dan distribusi mempunyai fungsi
penyedia fisik, artinya pasar akan menyediakan
barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Barang-barang tersebut
akan diperoleh dari produsen melalui
distributor. Barang-barang akan
dikumpulkan untuk kemudian dijual ke konsumen.
Barang-barang yang dijual oleh pedagang tidak
akan habis dalam
waktu sehari. Pedagang akan menyimpan sisa
barang yang dijualnya
di gudang sebagai persediaan untuk dijual
kembali di hari
berikutnya. Dengan demikian fungsi ini
berkaitan dalam hal pengumpulan, penyimpanan, pemilihan,
dan pengangkutan.
3. Fungsi Penunjang
Fungsi penunjang antara pasar dengan
distribusi dilakukan untuk membantu dan
menyempurnakan fungsi pertukaran dan penyediaan
fisik agar dapat berjalan dengan baik.
Pasar dan distribusi dapat digunakan
sebagai sarana penunjang dalam
memperkenalkan barang-barang yang dihasilkan oleh
produsen. Misalnya dengan memasang iklan di
pasar atau menyebarkan pamflet kepada
konsumen. Dengan demikian konsumen akan
mengetahui produk-produk baru tersebut.
KEGUNAAN PASAR BAGI
KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT
Dalam
pasar konkrit barang yang diperdagangkan tersedia
di pasar, sehingga pembeli dapat secara
langsung memilih barang yang ia sukai
dan secara langsung dapat membeli barang
tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh
karena itu, pasar konkrit mempunyai banyak
kegunaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat,
antara lain dapat digunakan untuk:
1.
Menyalurkan barang yang dihasilkan oleh produsen.
Pasar konkrit akan mendistribusikanhasil produksi para
produsen ke konsumen. Di pasar kongkrit produsen menawarkan barang
dan konsumen akan membeli barang sesuai
dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya.
2.
Sebagai tempat transaksi jual beli barang
maupun jasa yang dihasilkan masyarakat.
3.
Membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi
masyarakat.
4.
Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.
2 komentar
Click here for komentarTerimakasih untuk sharing Artikelnya, sangat bermanfaat.
ReplyBagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Murah di Jakarta untuk berbagai event bisa coba menghubungi kami arthur teknik.
Info lebih lanjut bisa kunjungi web kami di : http://arthurteknik.com
Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Pasar Barang Dan Jasa ~ Shiirefaa >>>>> Download Now
Reply>>>>> Download Full
Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Pasar Barang Dan Jasa ~ Shiirefaa >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Pasar Barang Dan Jasa ~ Shiirefaa >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK
ConversionConversion EmoticonEmoticon